BPPSPAM - Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum
Tarif PDAM Didesak Naik

SURABAYA - SURYA- Sejumlah Perusahaan daerah Air Minum (PDAM) yang selama ini memberlakukan tarif di bawah harga pokok penjualan dan berniat mengajukan pinjaman perbankan, didesak menaikkan tarif. Ini salah satu cara mendapatkan pendanaan dari perbankan.
Menurut Direktur Sistem Manajemen Investasi Kementerian Keuangan Soritaon Siregar, kenaikan tarif menjadi syarat untuk mendapatkan penjaminan dan subsidi bunga dari pemerintah ketika PDAM akan mengakses pinjaman perbankan.

 
Sehat Dulu, Baru Dapat Kredit!

SURABAYA, KOMPAS.com — Pemerintah, melalui Kementerian Keuangan, siap memberikan penjaminan dan subsidi bunga bagi Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM yang masuk dalam kategori sehat. Fasilitas penjaminan diberikan sebesar 70 persen dari kredit investasi yang disalurkan ke PDAM kategori sehat serta memberikan subsidi bunga berupa selisih tingkat bunga yang dibebankan perbankan nasional dengan suku bunga paling tinggi 5 persen. "Penjaminan dan subsidi bunga akan diberikan sesuai dengan audit BPKP atau telah mendapat persetujuan dari Menkeu yang menyatakan PDAM yang bersangkutan tidak masuk kategori bermasalah (menunggak)," ujar Direktur Manajemen Investasi Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Saritaon Siregar saat dikonfirmasi di Surabaya, Senin (22/3/2010).

 
Tarif Air PDAM Kabupaten Malang Diklaim Termurah
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim) mengklaim harga air baku untuk melayani pelanggan di wilayahnya masih jauh lebih murah ketimbang tarif dasar air di PDAM berbagai daerah lainnya.

Direktur Umum PDAM KAbupaten Malang Sriadji Subowo kepada Media Indonesia, Minggu (21/3) mengatakan tarif dasar air yang selama ini diberlakukan untuk melayani 78.468 pelanggan atau sambungan rumah sebesar Rp800 per meter kubik sampai dengan Rp1.000 per meter kubik.
 
Selamat Hari Air Sedunia

Hari Air Sedunia diperingati tanggal 22 Maret setiap tahunnya.  Tujuan adanya peringatan khusus ini adalah agar kita sebagai penghuni planet bumi semakin sadar dan peduli dengan elemen yang paling penting bagi kehidupan di muka bumi ini, yaitu air.

Mari bersama-sama kita mulai menghemat penggunaan air.  Ternyata, ada beberapa cara mudah untuk kita mencoba mulai ambil bagian dalam penyelamatan air.  Kalau bukan kita, siapa lagi yang bisa menjaga kelestarian air di planet ini, bukan?  Ingat saja selalu hal ini: kita mampu bertahan hidup tanpa makan selama sebulan, tetapi tanpa minum, tak sampai seminggu kita bisa kehilangan nyawa.

10 LANGKAH MUDAH MENGHEMAT AIR

Setiap hari orang Indonesia mengkonsumsi air rata-rat 144 liter!  Separuh dari konsumsi air tersebut adalah untuk mandi.  Demikian survei Direktorat Pengembangan Air Minum, Direktorat Jenderal Cipta Karya pada tahun 2006.

Coba saja terapkan 10 langkah hemat air berikut ini.  Bukan hanya lebih dari 70% konsumsi air per hari bisa dihemat, ketersediaan air tanah yang makin menipis pun bisa dijaga.

 
Nunukan Terancam Krisis Air Bersih

* Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Niko Ruru

NUNUKAN, TRIBUNKALTIM.co.id - Kemarau panjang yang melanda Nunukan dalam beberapa bulan terakhir ini mengancam ketersediaan air bersih.

Pasokan air baku di Embung Sungai Bilal terus menyusut yang dikhawatirkan akan berdampak pada ketersediaan air bersih yang berasal dari instalasi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Nunukan.

 
<< Mulai < Prev 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 Next > End >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

SIM SPAM
GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini797
mod_vvisit_counterKemarin2309
mod_vvisit_counterMinggu ini797
mod_vvisit_counterMinggu lalu16739
mod_vvisit_counterBulan ini797
mod_vvisit_counterBulan lalu66948
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung1821281

Pengunjung Online : 24
IP anda : 54.145.180.142
,
2015-03-01 11:25