Pemkot Gratiskan PDAM Khusus Warga TPA Batulayang
pontianakpost.com- 26/08/2013

PONTIANAK--Pemerintah Kota Pontianak akan menggratiskan pemasangan meteran PDAM khusus warga yang tinggal di sekitar Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Batulayang, Pontianak Utara.Wali Kota Pontianak, Sutarmijdi, mengatakan bahwa jaringan PDAM sesungguhnya sudah ada di TPA Batulayang. Hanya saja tekanannya lemah. Nanti, setelah booster PDAM di Darma Putra selesai, diperkirakan tekanan akan lebih kuat sehingga warga setempat bisa menikmati air bersih seperti di tempat lain

“Sekarang masyarakat sudah bisa mendapatkan air bersih tetapi debitnya kecil karena pendistribusiannya jauh. Tunggu Darma Putra selesai tekanan air baru normal,” ujarnya. Ke depannya Pemkot Pontianak menargetkan seluruh masyarakat kota ini bisa mendapatkan air bersih.

Namun perwujudannya perlu waktu karena pembangunan infrastruktur PDAM harus bertahap. Pemkot Pontianak akan terus menambah produksi air bersih dan booster untuk pendistribusiannya. “Saat ini saja ada IPA (instalasi pengolahan air) dan beberapa booster sedang dibangun. Ke depan memang harus ditambah karena memang jumlahnya masih kurang,” papar Sutarmidji.

Sementara itu pelaksana tugas Direktur PDAM Darma Khatulistiwa Kota Pontianak, Afandi mengatakan bahwa biaya pemasangan PDAM tidak gratis. Hanya saja untuk TPA Batulayang pemasangannya ditanggung oleh Pemkot Pontianak. “PDAM tetap mengeluarkan kuitansi tetapi yang bayar bukan masyarakat tetapi pemkot,” ungkapnya.

Tarif pemasangan sambungan PDAM beserta meteran sebesar Rp1.500.000. Biaya tersebutlah yang akan dibayar Pemkot Pontianak kepada PDAM sebagai subsidi untuk masyarakat sekitar TPA Batulayang.

Afandi menilai Pemkot Pontianak berkomitmen membantu masyarakat yang ada di TPA Batulayang khususnya bagi masyarakat yang benar-benar terkena dampak sampah. Sampai saat ini di TPA Batulayang terdapat sekitar 80 sambungan rumah (SR). “Delapan puluh SR itu merupakan masyarakat yang benar-benar tidak mampu dan terkena dampak sampah di TPA,” jelasnya.

Pecahkan Masalah Intrusi

Sementara itu, masalah tersendatnya aliran air leding ke perumahan warga menjadi momok bagi instansi terkait. Apalagi, Pihak Perusahaan Derah Air Minum (PDAM) Pontianak sendiri belum mampu mengatasi problem intrusi air baku ketika musim kemarau. Meski sudah beberapa kali melakukan evaluasi, PDAM sepertinya masih kesulitan.

Belakangan ini, masih ada warga yang resah karena air leding macet. Mereka meminta agar pemerintah segera ambil sikap memecahkan masalah itu, apalagi menjelang musim kemarau seperti ini.  PDAM mengaku sudah mulai menemukan cara untuk menjawab keluhan warga Pontianak. Seperti dikatakan Plt Direktur PDAM Pontianak, Affandi. Menurutnya, hal tersebut sudah dapat terpecahkan, dengan rencana mengkaji bendungan Ambawang sebagai alternatif jangka panjang untuk mengatasi kemarau.

“PDAM Kota Pontianak kita akui belum dapat memecahkan secara total tentang intrusi air laut di sumber air baku PDAM di Penepat ketika musim kemarau. Untuk mengatasi hal tersebut perlu kerjasama, karena air baku merupakan tanggung jawab Pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Kalbar,” ungkapnya kepada Pontianak Post.

Masalah penyediaan air baku ini, kata dia, mendapat respon positif dari pemerintah pusat yang telah memberikan bantuan ke PDAM Kota Pontianak. Namun bantuan tersebut hanya untuk kapasitas 1.000 liter per detik. 

Untuk itu, PDAM Kota Pontianak ke depan akan mengkaji kembali pada bendung  Ambawang tersebut.  Nanti bendungan itu akan dijadikan salah satu alternatif jangka panjang untuk mengatasi produksi air di musim kemarau. “Jika alternatif ini dapat direalisasikan, akan mampu mengantisipasi intrusi di air baku PDAM ketika musim kemarau, sehingga altenatif tersebut  dapat menghindari pendistribusian air asin ke pelanggan,” pungkasnya. (rmn)

Sumber

 

GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1171
mod_vvisit_counterKemarin4779
mod_vvisit_counterMinggu ini19672
mod_vvisit_counterMinggu lalu29305
mod_vvisit_counterBulan ini104731
mod_vvisit_counterBulan lalu141434
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung4003382

Pengunjung Online : 80
IP anda : 54.166.188.64
,
2017-11-24 05:30