BPPSPAM dan PDAM Tingkatkan Pengelolaan SPAM Kabupaten Merauke
altBelum berakhirnya kerjasama pengelolaan air antara PDAM Merauke, Papua dengan PT. WMD (perusahaan air minum asal Belanda) menyebabkan PDAM Merauke kesulitan meningkatkan cakupan layanan kepada masyarakat Kabupaten Merauke yang ada di daerah di pinggiran. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur PDAM Kabupaten Merauke, Katrina Raper dalam kunjungannya ke kantor Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), Kamis (26/10). Hadir dalam rapat Plt. Anggota BPPSPAM unsur Profesi, Ir. Setio Djuwono; Advisor BPPSPAM, Drs Effendi Mansur, CES, Kasubag Fasilitasi Penyiapan Rekomendasi Kebijakan BPPSPAM, Eliza Bhakti Amelia, ST, M.SE dan staf teknis BPPSPAM.
“Kami membutuhkan bantuan pendanaan dari pemerintah untuk meningkatkan suplay debit dan jaringan baru guna melayani masyarakat di luar kota Merauke, namun karena masih ada ikatan kontrak dengan WMD bantuan pemerintah belum bisa masuk karena berbenturan dengan peraturan,”ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa progress pengakhiran kerjasama PDAM Merauke dengan PT WMD, saat ini dalam proses transisi yaitu mengidentifikasi aset-aset yang akan diserah terimakan penghitungan aset-aset “Bupati minta bulan depan sudah ada penyerahan semua asset” katanya menegaskan.

Sementara menunggu penyerahan asset diselesaikan, *PDAM juga akan membuat neraca awal pada bulan Januari mendatang* dan selanjutnya akan meminta BPKP untuk melakukan proses audit. Katrina berharap, BPPSPAM dapat mendampingi PDAM Merauke untuk memulai dari awal proses pengelolaan PDAM  sehingga dapat segera memenuhi permintaan masyarakat untuk *mensuplai* kebutuhan air minumnya.

altEffendi menyarankan dalam proses pengakhiran kerjasama dengan PT. WMD semua proses audit dilakukan oleh BPKP. Sedangkan untuk melakukan pengelolaan air minum, sebaiknya PDAM segera meminta bupati untuk menyusun Jakstrada dan RISPAM. Sedangkan PDAM Merauke harus segera membuat bussines plan PDAM sehingga dapat merencanakan program-program kegiatan untuk melakukan pengembangan SPAM yang memuat rencana investasi dan mencari alternatif sumber pembiayaan.

Apabila PDAM Merauke menemui kesulitan dalam proses pembuatan Business Plan, BPPSPAM berkomitmen memberikan bantuan. “ Apabila ada kesulitan ibu dapat langsung menghubungi BPPSPAM untuk mendaptkan bantuan fasilitasi pembuatan business plan”ujar Effendi.(el/Elz)

 

GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1108
mod_vvisit_counterKemarin4779
mod_vvisit_counterMinggu ini19609
mod_vvisit_counterMinggu lalu29305
mod_vvisit_counterBulan ini104668
mod_vvisit_counterBulan lalu141434
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung4003319

Pengunjung Online : 68
IP anda : 54.166.188.64
,
2017-11-24 05:14