Tahun 2018 Bupati Gorontalo Anggarkan Dana 10 Milyar Tingkatkan Pelayanan Air Minum
Pemerintah Kabupaten Gorontalo berkomitmen mendukung PDAM untuk meningkatkan cakupan layanan air minum kepada masyarakat. Komitmen ini disampaikan Bupati Gorontalo Dr. Ir. Nelson Pomalingo, MPd dalam acara Workshop Fasilitasi peningkatan Produksi  di PDAM Gorontalo yang diselenggarakan oleh Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), Kamis (26/10) di Kawasan Obyek Wisata Pentadio Resort, Gorontalo. ”Kita memberi suport anggaran kepada PDAM tahun lalu 2 milyar, tahun ini 6 milyar, tahun depan saya harapkan bisa anggarkan 7-10 milyar. Dengan anggaran tersebut, Saya harap cakupan pelayanan di Gorontalo minimal  naik 5 % tiap tahun, “ujarnya.
Selain memperbesar anggaran, tahun ini Pemda Gorontalo juga akan segera menyelesaikan Rencana Induk Pengolaan Air Minum (Rispam) dan melakukan penguatan organisasi penyelenggaraan air minum di Gorontalo dengan menunjuk dewan pengawas PDAM yang baru. 

Dengan melakukan 3 hal tersebut, Nelson PDAM dapat meningkatkan cakupan pelayanan air minum kepada masyarakat. ”Contohlah pengelolaan air di Timur Tengah, disana tidak pernah lihat air tapi air minum tersedia dimana-mana, sedangkan disini banyak air tetapi pelayanan air minum masih sedikit,  Ini harus kita perbaiki,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Advisor BPPSPAM, Drs. M.Rifqie Basrie, Msi menyampaikan bahwa rendahnya cakupan pelayanan PDAM kepada masyarakat menjadi salah satu penyebab turunnya kinerja PDAM Gorontalo. “Saat ini pelanggan PDAM Gorontalo hanya 14 ribu pelanggan, yang berati cakupannya baru 40 persen. Dengan kapasitas yang ada seharusnya masih dapat ditingkatkan sampai 60 % sehingga dapat meningkatkan kinerja PDAM,”ujarnya

Faktor lain yang juga mempengaruhi penurunan kinerja adalah inefisiensi biaya operasi, tarif air minum yang berada di bawah harga pokok, tingginya tingkat kebocoran air dan kompetensi pegawai yang kurang sesuai.

Pada tahun 2017 ini, BPPSPAM telah mendampingi pembuatan action plan efisiensi produksi untuk membantu meningkatkan kinerja PDAM Gorontalo yang saat ini kondisinya masih kurang sehat. Untuk melaksanakan hal tersebut diperlukan dukungan penuh dari Pemda. ” Untuk menyehatkan PDAM perlu dukungan dari Pemda, Kita sama-sama mendukung, Pusat mendukung di bagian hulu sampai proses produksi serta sebagian JDU (Jaringan Distribusi Utama), Pemda meneruskannya sampai sambungan rumah,”lanjut Rifqie.
 
 

GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1103
mod_vvisit_counterKemarin4779
mod_vvisit_counterMinggu ini19604
mod_vvisit_counterMinggu lalu29305
mod_vvisit_counterBulan ini104663
mod_vvisit_counterBulan lalu141434
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung4003314

Pengunjung Online : 69
IP anda : 54.166.188.64
,
2017-11-24 05:13