Sinergi Pemda dan PDAM Kunci PDAM Sehat dan Mandiri
altDalam rangka mendukung peningkatan kinerja PDAM, Ketua Dewan Pengawas PDAM Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur  melakukan kunjungan ke kantor Sekretriat Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) pada Selasa (17/10). Kunjungan diterima oleh Kepala sekretariat BPPSPAM yang diwakili oleh Kasubag Fasilitasi Penyiapan Rekomendasi Kebijakan BPPSPAM, Eliza Bhakti Amelia, ST, M.SE dan  staf  teknis Bagian Dukungan Teknis BPPSPAM. Hadir juga dalam rapat Direktur Utama PDAM dan tim konsultan BPPSPAM Program Pendampingan Penyusunan Business Plan dan Rekomendasi Tindak Turun Tangan pada PDAM Kurang Sehat atau  Sakit.
Ketua Dewan Pengawas PDAM, Ahmad Usman menyampaikan bahwa tujuan dilakukan kunjungan adalah mendapatkan informasi terkait kinerja upadate PDAM Penajam Paser Utara dan saran untuk dapat meningkatkan kinerja sehingga PDAM menjadi sehat dan mandiri.

Eliza Bhakti Amelia, ST, M.SE menyampaikan bahwa dari 9 PDAM yang ada di Provinsi Kalimanta Timur yang belum sehat adalah PDAM PPU dan PDAM Kutai Barat. Adapun nilai kinerja PDAM PPU pada tahun 2017 adalah 2,79. “Nilai kinerja PDAM PPU pada tahun 2017 adalah 2,79, artinya sedikit lagi PDAM PPU menuju sehat”ujar Eliza.

Beberapa indikator yang menyebabkan kinerja PDAM masih rendah adalah return on equity, rasio operasi, konsumsi air domestik, efisiensi produksi, jam operasi, tingkat kehilangan/NRW dan penggantian meter. Selain itu PDAM PPU juga belum menerapkan tarif pemulihan biaya penuh/full cost recovery (FCR) sehingga PDAM terus merugi.

altPada tahun 2017, BPPSPAM telah melakukan pendampingan Program Penyusunan Business Plan dan Rekomendasi Tindak Turun Tangan di PDAM PPU. Berdasarkan hasil identifikasi BPPSPAM didapatkan bahwa PDAM PPU masih memiliki idle kapasitas sebesar 90 liter/detik dan mendapat dukungan Pemda dan DPRD untuk menerapkan tarif FCR. Untuk itu PDAM dapat meningkatkan cakupan pelayanan dengan memanfaatkan idle kapasitas yang ada dengan bantuan pembiayaan dari Pemerintah Daerah. Selain itu PDAM juga melakukan capacity building sumber daya manusia (SDM) untuk meningkatkan kapasitas pegawai PDAM.

“Ada 3 kunci utama untuk membuat PDAM Sehat yaitu komitmen Pimpinannya, dukungan manajerial dari SDMnya dan dukungan dari Kepala Daerah sebagai pemiliknya. Jika ketiga faktor ini sudah kompak saya yakin PDAM PPU akan Sehat mandiri,”tegas Eliza. (el/Elz)
 

GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1115
mod_vvisit_counterKemarin4779
mod_vvisit_counterMinggu ini19616
mod_vvisit_counterMinggu lalu29305
mod_vvisit_counterBulan ini104675
mod_vvisit_counterBulan lalu141434
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung4003326

Pengunjung Online : 71
IP anda : 54.166.188.64
,
2017-11-24 05:16