Kerjasama Sinergis Pemda dan PDAM Tekan NRW PDAM

alt“Diperlukan kerjasama sinergis antara PDAM dan Pemda untuk meningkatkan kinerja PDAM dalam melakukan pelayanan air minum kepada masyarakat,”ujar Plt. Anggota BPPSPAM unsur Pelanggan, Ir. Syamsul Hidayat MS dalam Workshop Pilot Project Penurunan Kehilangan Air Pada PDAM Trunojoyo, Kabupaten Sampang yang diselenggarakan oleh Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) di Gedung Pemerintah Daerah Kabupaten Sampang, Senin (16/10). Pelaksanaan workshop ini bertujuan untuk mensosialisaikan action plan penurunan tingkat kehilangan air/non revenue water (NRW)  di PDAM Trunojoyo. PDAM Trunojoyo Kabupaten Sampang merupakan salah satu PDAM yang masuk dalam Program Pendampingan Penurunan Air BPPSPAM pada tahun 2017 ini.
Lebih lanjut Syamsul menyampaikan bahwa salah satu penyebab penurunan kinerja PDAM adalah tingginya tingkat kehilangan air.  Hal ini menyebabkan PDAM kehilangan potensi pendapatan karena air yang diproduksi tidak terdistribusi kepada pelanggan. Berdasarkan pengukuran langsung dengan alat ukur ultrasonic flow meter yang dilakukan BPPSPAM, PDAM Trunojoyo mengalami tingkat kehilangan air sebesar 1.254.699,66 meter kubik per tahun. Ini berarti PDAM akan kehilangan potensi pendapatan yang cukup banyak setiap tahunnya.

altDari hasil identifikasi kunjungan lapangan BPPSPAM, penyebab kehilangan air di PDAM Trunojoyo antara lain karena adanya kerusakan water meter di pelanggan, kesalahan pembacaan meter oleh petugas dan kurangnya kontrol kebocoran aktif dan pengelolaan tekanan. Untuk menanggulangi hal tersebut, disarankan  agar PDAM membentuk tim penertiban pelanggan, perbaikan  manajemen pembacaan meter, mereview SOP pengolahan data dan pembentukan 6 unit DMA di kota Sampang. Selain menekan NRW,  untuk meningkatkan kinerjanya PDAM harus selalu melakukan efisiensi biaya operasi dan optimalisasi pendapatan.

Bupati Kabupaten Sampang, Fadhillah Budiono berkomitmen untuk selalu mendukung PDAM dalam meningkatkan kinerja. Pada tahun 2017, Pemda Kabupaten Sampang telah mengucurkan dana APBD sebesar Rp 3,8 M pada PDAM untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat.(el/Irn)

 

GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1116
mod_vvisit_counterKemarin4779
mod_vvisit_counterMinggu ini19617
mod_vvisit_counterMinggu lalu29305
mod_vvisit_counterBulan ini104676
mod_vvisit_counterBulan lalu141434
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung4003327

Pengunjung Online : 71
IP anda : 54.166.188.64
,
2017-11-24 05:16