Wujudkan Akses Aman Air Minum Melalui Kontrak Berbasis Kinerja (KBK) dan Trade Kredit
altKeterbatasan dana APBN/APBD untuk meningkatkan penyelenggaraan SPAM menuju 100 % akses aman air  minum tahun 2019, mendorong Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) untuk membuat inovasi pembiayaan air minum. Skema pembiayaan air minum yang kini tengah dikembangkan adalah trade kredit dan Kontrak Berbasis Kinerja.

Trade kredit adalah kredit yang diberikan oleh badan usaha untuk pengadaan barang dan jasa dengan pembayaran kredit (angsuran). Sedangkan KBK merupakan kerjasama investasi konstruksi dalam peningkatan penyelenggaraan insfrastruktur SPAM berdasarkan pemenuhan indikator kinerja minimum yang disepakati dengan mitra badan usaha.
Pada tahun 2017, Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM)  melakukan penyusunan Petunjuk Teknis (juknis) skema pembiayaan Kontrak  Berbasis Kinerja (KBK) dan Trade Kredit. Agar mempunyai efek mengikat  BPPSPAM berencana melegalkan petunjuk teknis kedua skema pembiayaan menjadi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR).

Untuk mendapatkan masukan dari stakeholder terkait dalam penyusunan Petunjuk Teknis Trade Kredit dan KBK, BPPSPAM menyelenggarakan acara Workshop Pengenalan Investasi Air Minum melalui Skema Trade Kredit dan Kontrak Berbasis Kinerja di Hotel 1O1 Dharmawangsa, Jakarta Selatan Jumat (6/10).

Acara dibuka  oleh Kepala Sekretariat  BPPSPAM, Ir. Monhilal Dipl. SE dan dihadiri oleh Plt. Anggota BPPSPAM unsur Profesi, Ir. Setio Djuwono; Plt. Anggota BPPSPAM unsur Pemerintah BPPSPAM, Ir. M. Aulawi Dzin Nun, MSc; Plt. Anggota unsur Pelanggan BPPSPAM, Ir. Syamsul Hidayat, MS; Advisor BPPSPAM, Drs Effendi Mansur CES dan Ir. Budi Sutjahjo, MT. Hadir juga Direktur Utama  PDAM Pekan Baru, dan perwakilan dari PDAM Kota Cilacap, perwakilan Direktorat Bina Investasi, perwakilan direktorat Kerjasama Pemerintah dan Rancang Bangun, Kementerian PPN/Bappenas, perwakilan direktorat Pengembangan Strategi dan Kebijakan Pengadaan Khusus, LKPP, Bappeda Cilacap, Bappeda Pekanbaru  serta beberapa investor seperti PT. Adhi Karya, PT. Wijaya Karya, PT. Moya Indonesia dan PT. Acuatico Indonesia.

“Mengingat Tahun 2019 tinggal sebentar lagi dan jumlah PDAM yang mempunyai kinerja Kurang Sehat dan Sakit masih banyak maka perlu dibuat inovasi kebijakan yang mempunyai efek mengikat lebih kuat untuk dilaksanakan oleh pihak terkait yang melaksanakan penyelenggaraan SPAM,”ujar  Monhilal dalam sambutannya.

altMonhilal menegaskan bahwa rencana kegiatan penyusunan Juknis menjadi Permen PUPR sejalan dengan fungsi BPPSPAM  yang ketiga yaitu memberikan rekomendasi kepada pemerintah pusat dan Pemerintah Daerah dalam rangka peningkatan penyelenggaraan sistem penyediaan air minum yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Negara dan/atau Badan Usaha Milik Daerah.

Dewan Eksekutif Persatuan Seluruh Peruasahaan Air Minum Indonesia (Perpamsi), Ashari menyambut baik adanya petunjuk teknis terkait trade kredit dan KBK yang sedang disusun oleh BPPSPAM .  Ashari mengatakan bahwa sebelum petunjuk teknis terkait trade kredit dan KBK disusun, sudah ada beberapa PDAM yang menerapkan skema ini untuk pembangunan dan pengadaan barang yang nilainya kecil. Dengan adanya Juknis ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan SPAM untuk mencapai target akses aman air minum 100 persen 2019.

Direktur Moya Indonesia,  Tri Herutantoyo mengatakan dengan adanya Juknis ini maka aturan kerjasama antara PDAM dan investor akan lebih jelas sehingga dapat mempercepat proses kerjasama antara pemerintah dan swasta dalam memberikan pelayanan air minum yang berkelanjutan  kepada masyarakat. (el/Mir)

 

GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini51
mod_vvisit_counterKemarin4646
mod_vvisit_counterMinggu ini4697
mod_vvisit_counterMinggu lalu32344
mod_vvisit_counterBulan ini52730
mod_vvisit_counterBulan lalu142297
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung4089671

Pengunjung Online : 73
IP anda : 54.226.113.250
,
2017-12-12 00:14