Peningkatan Kapasitas SDM BPPSPAM Melalui e-HRM
Dalam rangka meningkatkan pemahaman para pegawai di lingkungan BPPSPAM, Kementerian PUPR, terhadap proses Reformasi Birokrasi Kementerian PUPR, maka Bagian Tata Usaha dan Umum Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) bertempat di Hotel Swiss-Belhotel pada Rabu (9/8). mengadakan Kegiatan Internalisasi berupa :

1. Pemaparan e-HRM, 
2. Pemaparan e-Kinerja, e-LKP  dan e-360
3. Pemaparan e-Office (TNDE)
4. Pemaparan e-Absensi (Si-Kadir)
5. dan Informasi berkaitan BPJS Ketenagakerjaan 

Acara ini dibuka oleh dan Plt. Anggota BPPSPAM unsur Pemerintah, Ir M. Aulawi Dzin Nun, M.Sc dan dihadiri oleh Kepala Bagian Tata Usaha dan Umum BPPSPAM, Heri Supriyanta S.sos.MM, Kepala Bagian Dukungan Teknis, Ir. Emah Sudjimah, MT serta seluruh pegawai BPPSPAM baik PNS maupun Non PNS.
Ir.M. Aulawi Dzin Nun, M.Sc dalam sambutannya menyampaikan bahwa sejak tahun 2015 Kementerian PUPR memang telah mengembangkan Sistem Manajemen Kepegawaian (e-HRM) sebagai penyempurnaan SIMKA yang telah ada, kemudian disusul pengembangan e-Kinerja oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), serta Pengembangan e-Office (Tata Naskah Dinas Elektronik) oleh Biro Umum bekerjasama dengan PUSDATIN PUPR.

Mengingat BPPSPAM merupakan lembaga non struktural yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) maka BPPSPAM wajib menggunakan dan memanfaatkan seluruh sistem yang sudah dikembangkan agar lebih efisien dan effektif dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

Lebih lanjut Heri Supriyanta, S.Sos.MM menyampaikan bahwa Jumlah SDM di BPPSPAM sebanyak 32 PNS dan 43 Non PNS wajib mengisi seluruh Sistem yang telah dibangun dan dikembangan,  mengingat sistem dimaksud merupakan inovasi baru bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan hal ini mendukung proses pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Kementerian PUPR.

e-HRM atau elektronic Human Resources Management merupakan data ASN Kementerian PUPR yang akan dijadikan dasar untuk melakukan sinkronisasi ke database nasional yaitu Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan cakupan datanya meliputi data PNS lengkap berawal sejak mulai CPNS hingga saat ini.

Tujuan dari penerapan e-HRM tersebut antara lain, tersedianya data utama kepegawaian Kementerian PUPR dan memberikan fasilitas pemantau proses manajemen pegawai kepada seluruh pegawai Kementerian PUPR.  Dalam e-HRM terdapat beberapa fitur, antara lain input serta update data pegawai, keluarga serta riwayat hidup, alert sistem, monitoring proses, informasi kepegawaian, arsip digital, agenda kerja dan bahkan berita kepegawaian.

Sedangkan e-Kinerja adalah applikasi yang dikembangkan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusai (BPSDM) Kementerian PUPR dalam penyusunan SKP dan melakukan penilaian dari setiap pegawai secara berjenjang dan terstruktur yang dapat dipantau dan dikoordinasikan.

Selanjutnya Nara Sumber BPJS Ketenagakerjaan yang dihadirkan dalam acara ini memberikan penjelasan menyeluruh tentang Konsep Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan yang berbeda dari BPJS Kesehatan yang selama ini PNS gunakan. Untuk memudahkan pengurusan akan dikoordinasikan oleh Bagian Tata Usaha dan Umum.

Harapan dari acara Internalisasi dan Pembinaan Pegawai ini adalah seluruh pegawai di Lingkungan BPPSPAM mendalami dan mengisi seluruh kebutuhan data dalam sistem yang berbasis elektronik ini. Data-Data tersebut adalah elektronik Human Resources Management (e-HRM), elektronik Lembar Kerja Pegawai (e-LKP), elektronik Kinerja (e-Kinerja) dan elektronik Absensi (Si-Kadir).
 
 

GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini43
mod_vvisit_counterKemarin4646
mod_vvisit_counterMinggu ini4689
mod_vvisit_counterMinggu lalu32344
mod_vvisit_counterBulan ini52722
mod_vvisit_counterBulan lalu142297
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung4089663

Pengunjung Online : 70
IP anda : 54.226.113.250
,
2017-12-12 00:12