Forum Pelanggan Dorong PDAM Berikan Pelayanan Prima

alt“Saya berharap Forpamnas dapat menjadi organisasi independen yang akan terus berusaha mensinergikan kepentingan Pemda dan PDAM untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,”ujar Ketua Forum Pelanggan Air Minum Nasional (Forpamnas), Ir. Bambang Hardjono pada acara Pemilihan Pengurus Forpamnas 2017-2021 di PDAM Tirta Pakuan Bogor, Jumat (4/8).

Pada acara tersebut Ir. Bambang Hardjono terpilih menjadi Ketua Forpamnas tahun 2017-2011 secara aklamasi mengantikan Ketua Forpamnas tahun 2013-2017, Prof. Dr. Ir. Hj. Tun Tedja Irawadi, MS. Hadir dalam acara tersebut Plt. Anggota unsur Pelanggan, Ir. Syamsul Hidayat MS, Ketua Forpamnas tahun 2013-2017, Prof. Dr. Ir. Hj. Tun Tedja Irawadi, MS dan perwakilan Forum Komunikasi Pelanggan PDAM Surakarta, PDAM Semarang , PDAM Banjarmasin dan PDAM Pariaman.

altSebagai Ketua Forpamnas yang baru, Bambang juga akan terus mendorong pembentukan Forum Komunikasi Pelanggan  (FKP) di seluruh wilayah pelayanan PDAM se-indonesia. Dengan terbentuknya FKP di daerah, Bambang berharap akan tercipta komunikasi timbal balik secara efektif antara pelanggan dan PDAM untuk menyelesaikan masalah-masalah terkait dengan pelayanan air minum.
Ir. Syamsul Hidayat MS mengatakan bahwa Forpamnas  sangat bermanfaat untuk menjadi wadah komunikasi untuk membantu BPPSPAM mewujudkan tugasnya memenuhi keseimbangan  hak dan kewajiban antara PDAM dengan pelanggan. Syamsul menjelaskan bahwa dalam melakukan pelayanan kepada pelanggan, PDAM masih mengedepankan kewajiban pelanggan dan hak PDAM daripada Hak pelanggan dan kewajiban PDAM sehingga keseimbangan hak dan kewajiban pelanggan air minum masih timpang.

altUntuk mewujudkan keseimbangan  hak dan kewajiban antara PDAM  dan pelanggan, saat ini BPPSPAM tengah mengadakan kegiatan Evaluasi Pemenuhan Keseimbangan Hak dan Kewajiban antara PDAM dan Pelanggan dengan memperhatikan masukan dari Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN),Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia (Perpamsi) dan Forum Pelanggan Air Minum Nasional (Forpamnas). Dalam kegiatan ini, BPPSPAM akan membagikan dua jenis kuisioner yaitu kuisioner yang memuat tentang indikator penilaian terkait isi perjanjian pelanggan yang ada di PDAM dan kuisioner tentang pelaksanaan isi perjanjian pelanggan yang sudah dibuat. Kuisioner tersebut akan dibagikan ke daerah uji petik yaitu PDAM Kab. Wonosobo, PDAM Kab. Purwakarta dan PDAM Kota. Samarinda. Hasil kegiatan ini akan dipakai oleh BPPSPAM untuk membuat rekomendasi kepada Pemerintah dan Pemda dalam rangka menjaga kepentingan yang seimbang antara PDAM dengan pelanggan.

 

GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini2784
mod_vvisit_counterKemarin4528
mod_vvisit_counterMinggu ini26567
mod_vvisit_counterMinggu lalu32065
mod_vvisit_counterBulan ini85369
mod_vvisit_counterBulan lalu129563
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung3567606

Pengunjung Online : 23
IP anda : 54.159.124.79
,
2017-08-19 22:23