Review Business Plan SPAM Regional Petanglong
alt
Keterbatasan air baku di sebuah daerah, menjadi salah satu kendala  PDAM  dalam memenuhi kebutuhan air  masyarakat.   Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam menghadapi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan kerjasama SPAM Regional yang diselenggarakan bersama oleh beberapa PDAM antar daerah.

Untuk membantu PDAM meningkatkan cakupan pelayanan air minum kepada masyarakat, BPPSPAM menyelenggarakan acara Review Business Plan  Dalam Rangka Penyerapan Air Curah Hasil Kerjasama Antar BUMD (SPAM Regional Petanglong) di Hotel Santika,  Semarang pada Kamis (3/8). Acara dibuka oleh Plt. Anggota BPPSPAM unsur Profesi Ir.  Setio Djuwono dan Ir. Sigit Krida Hariono M.Si, Kabid Sarpras Pemukiman dan Bangunan Gedung, Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah sebagai narasumber. Acara juga dihadiri oleh Kepala Bagian Infornasi dan Kerjasama BPPSPAM,  Ade Syaiful Racman,  ST,  MT dan perwakilan dari  Direktur Pengembangan SPAM, Ditjen. Cipta Karya, Satker PKPAM Provinsi Jawa Tengah, BBWS Pemali Juana, Direktur PDAB Provinsi Jawa Tengah, PDAM Kabupaten Pekalongan, PDAM Kota Pekalongan dan PDAM Kabupaten Batang serta Konsultan PT. Reka Utama Agung.

Setio Djuwono menyampaikan bahwa  penyelenggaraan SPAM Regional merupakan salah satu upaya dalam rangka efisiensi dan efektivitas Penyelenggaraan SPAM dari sisi teknis serta ekonomi yang dapat dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Agar pembangunan SPAM Regional dapat terintegrasi dengan baik, maka keagian hilir dan hulu harus berjalan beriiringan.

altHal yang harus diperhatikan untuk menyiapkan bagian hulu adalah kesiapan  ketersediaan air baku.  Sedangkan kesiapan di bagian hilir yaitu kesiapan jaringan distribusi dari masing-masing PDAM dalam menyerap dan mendistribusikan air curah. Oleh karena itu, diperlukan adanya penyusunan rencana kegiatan usaha untuk masing-masing PDAM yg dikonsolidasikan pada business plan PDAM. Beberapa kajian yang harus dicantumkan dalam membuat sebuah business plan adalah kajian kelayakan teknis, kajian kelayakan keuangan, kajian kelayakan finansial,kajian resiko dan kajian kelayakan lingkungan. 

Sedangkan Ir. Sigit Krida Hariono M.Si, mengatakan bahwa ijin SIPPA dan Ijin jalur pipa pada jalan Provinsi dan jalan Kab/Kota untuk pembangunan SPAM Regional Petanglong sudah selesai sejak  tahun 2016. Selain itu Pemerintah daerah juga telah melakukan pembebasan lahan seluas ±16.500 m2 untuk IPA Jambangan. 

Dengan diadakannya acara ini, diharapkan dapat membantu PDAM untuk menyiapkan penyerapan air curah penyelenggaraan SPAM Regional Petanglong sehingga PDAM dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

 

GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini36
mod_vvisit_counterKemarin4646
mod_vvisit_counterMinggu ini4682
mod_vvisit_counterMinggu lalu32344
mod_vvisit_counterBulan ini52715
mod_vvisit_counterBulan lalu142297
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung4089656

Pengunjung Online : 70
IP anda : 54.226.113.250
,
2017-12-12 00:10