Pemberian PDF Dorong Percepatan SPAM Semarang Barat

altDalam rangka percepatan pembangunan Proyek Air Minum SPAM semarang Barat, Pemerintah Daerah kota Semarang menyelenggarakan acara Kick Off Meeting " Pemberian PDF  dari Kementerian Keuangan Kepada Walikota Semarang terkait Project SPAM Semarang Barat  di Griya Tirta'Joglo " PDAM Tirta Moedal Kota Semarang, pada Jumat (4/8). Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Semarang, Andi Tri Hananto dan juga dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Investasi dan Ekonomi,  Muhammad Natsir;  Direktur Komite Percepatan Penyediaan lnfrastruktur Prioritas (KPPIP), Rainer Haryanto;  Direktur PDAM Tirta Moedal,  Etty Laksmiwati dan  Direktur PDPPI Kementerian Keuangan, Freddy R Saragih.  Acara juga dihadiri oleh Plt. Anggota BPPSPAM unsur Profesi Ir.  Setio Djuwono dan perwakilan PT. Sarana Multi lnfrastruktur, PT. Penjaminan lnfrastruktur lndonesia dan stakeholder terkait yang terlibat dalam pembangunan proyek SPAM Semarang Barat. 


Andi Tri Hananto menyampaikan bahwa Pemda sangat mendukung penuh pembangunan SPAM Semarang Barat sesuai jadwal.  Untuk itu,  Mengingat terbatasnya dana yang dimiliki oleh PDAM,  Sekda berharap Pemerintah pusat memberikan dukungan pendanaan sehingga tarif layanan dapat dijangkau oleh masyarakat. Untuk mendukung Proyek Semarang Barat, Pemda akan memberikan bantuan berupa pembebasan lahan Instalasi Pengolahan Air (IPA). 

Rainer Haryanto menyampaikan bahwa KPPIP telah membuat surat rekomendasi kepada Kementerian Keuangan untuk memberikan bantuan dukungan Project Development Facility (PDF) untuk mempercepat pembuatan Final Business Case (FBC). Kementerian Keuangan juga akan memberikan Viability Gap Fund (VGF) yang besarannya akan ditentukan setelah FBC diselesaikan dan sudah ada kesepakatan tarif.


altSementara itu Muhammad Natsir mengatakan bahwa Kementerian PUPR juga akan memberikan bantuan berupa dukungan sebagian proyek. Sebelumnya Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) juga telah memberikan bantuan penyusunan Outline Business Case (OBC). 


SPAM semarang Barat adalah proyek pembangunan SPAM dengan  kapasitas 750 liter/detik untuk melayani 84.000 sambungan rumah penduduk di wilayah Semarang Barat. Proyek akan dilaksanakan dengan skema Bangun Operasi Serah/Build Operate Transfer (BOT) dengan masa kerjasama selama 25  tahun setelah proyek beroperasi secara komersial. Biaya investasi yang dibutuhkan untuk membangun proyek sekitar Rp. 498 milyar.  


SPAM Semarang Barat mempunyai dua manfaat bagi Kota Semarang. Pertama, untuk memasok kebutuhan air minum warga Semarang Barat. Kedua, mengurangi resiko kerusakan lingkungan, terutama penurunan permukaan tanah yang disebabkan eksploitasi sumur dalam.

 
 

GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini861
mod_vvisit_counterKemarin4173
mod_vvisit_counterMinggu ini9586
mod_vvisit_counterMinggu lalu33536
mod_vvisit_counterBulan ini78793
mod_vvisit_counterBulan lalu139702
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung3831502

Pengunjung Online : 67
IP anda : 54.166.199.178
,
2017-10-18 04:06