Evaluasi Pemenuhan Hak dan Kewajiban Pelanggan Air Minum.
 
altSebagai pengguna jasa pelayanan air minum, pelanggan PDAM memiliki hak dan kewajiban terhadap PDAM sebagai penyelenggara pelayanan begitupula sebaliknya. Dalam tataran ideal, pemenuhan hak dan kewajiban antara pelanggan dan PDAM harus berjalan seimbang. Namun dalam realisasinya, pemenuhan hak dan kewajiban tersebut masih berjalan timpang. 

Dalam rangka menyeimbangkan pemenuhan hak dan kewajiban antara PDAM dan pelanggan, Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) akan melakukan uji petik evaluasi pemenuhah keseimbangan tersebut di PDAM Kab. Wonosobo, PDAM Kab. Purwakarta dan PDAM Kota. Samarinda. “Kegiatan uji petik evaluasi akan dimulai pada bulan Agustus 2017 dengan cara membagikan kuisioner evaluasi kepada PDAM dan pelanggan di 3 PDAM tersebut,”ujar Plt. Anggota BPPSPAM unsur Pelanggan, Ir. Samsul Hidayat pada acara Konsinyasi ke-4 Evaluasi Pemenuhan Keseimbangan Hak dan Kewajiban antara PDAM dan Pelanggan di Jakarta pada Selasa (1/8).
Hadir dalam acara tersebut Advisor  BPPSPAM, Drs Efendi Mansur , CES., Ir. Budi Sutjahjo, MT dan Drs. Rifqie Basri, Kepala Bagian Dukungan Teknis BPPSPAM Ir. Emah Sudjimah, MT; Kepala Bagian Perencanaan dan Pelaporan BPPSPAM, IR. Hosen Utama, Msi dan staf teknis BPPSPAM serta Ketua Perpamsi,  Agus Sunara dan perwakilan dari PDAM kota Bekasi, PDAM kab. Bogor dan  PDAM Kota Bogor .

Dari hasil diskusi peserta rapat disimpulkan bahwa ada dua jenis kuisioner yang akan dibagikan di daerah uji petik yaitu kuisioner yang memuat tentang indikator penilaian terkait isi perjanjian pelanggan yang ada di PDAM dan kuisioner tentang pelaksanaan isi perjanjian pelanggan yang sudah dibuat.

Dalam membuat sebuah perjanjian sebaiknya menghindari hal-hal yang bertentangan dengan kaidah peraturan yang berlaku, antara lain tidak mencantumkan hak dan kewajiban secara berimbang, mencantumkan klausula baku yang dapat merugikan konsumen, memberlakukan ketentuan sanksi sepihak  dan menghindari tanggung jawab.

altSebelum membagikan kuisioner pada daerah uji petik, BPPSPAM meminta PDAM yang hadir dalam rapat mengisi kuisioner yang sudah dibuat. Dari hasil uji coba diketahui bahwa PDAM Kota Bogor mendapatkan nilai maksimal. Salah satu penyebab PDAM Kota Bogor mendapat nilai maksimal karena memiliki Perda Pelayanan serta memiliki perjanjian pelanggan yang cukup lengkap.

Hasil dari kegiatan ini akan digunakan BPPSPAM untuk membuat rekomendasi kepada Pemerintah dan Pemda dalam rangka menjaga kepentingan yang seimbang antara penyelenggara dengan pelanggan. Empat aspek yang akan dievaluasi adalah pemenuhan kualitas, kuantitas dan kontinuitas pelayanan air minum, tarif dan pembayaran, penyelesaian perselisihan dan komunikasi dengan pelanggan.

 

GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini37
mod_vvisit_counterKemarin4646
mod_vvisit_counterMinggu ini4683
mod_vvisit_counterMinggu lalu32344
mod_vvisit_counterBulan ini52716
mod_vvisit_counterBulan lalu142297
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung4089657

Pengunjung Online : 70
IP anda : 54.226.113.250
,
2017-12-12 00:10