BPPSPAM dan Pemda Dorong PDAM Padang Panjang Tingkatkan Kinerja
Pemerintah Kota Padang Panjang  terus berupaya untuk memberikan pelayana air minum kepada masyarakat  PDAM kota Padang Panjang. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengevaluasi  dan memperbaiki kinerja PDAM sebagai penyelenggara Sistem Penyediaan Air Minum.

Dalam rangka memperoleh rincian informasi terkait kinerja PDAM Panjang, Walikota Padang Panjang  melakukan kunjungan ke kantor Badan Peningkatan Penyelenggaran Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), Kamis (13/7). Kunjungan tersebut diterima oleh Plt. Anggota BPPSPAM,  Ir. M. Aulawi Dzin Nun, MSc dan Advisory BPPSPAM, Ir. Budi Sutjahjo, MT yang mewakili Kepala Sekretariat BPPSPAM serta staf bagian Dukungan Teknis BPPSPAM.
“Kami berharap BPPSPAM dapat memberikan masukan dan saran kepada kami untuk memperbaiki kinerja PDAM yang saat ini mengalami penurunan dari sehat menjadi kurang sehat,”ujar Walikota, H. Hendri Arnis, BSBA.

Ir. M. Aulawi Dzin Nun, MSc mengatakan pada tahun 2016, berdasarkan  evaluasi BPPSPAM pada 371 PDAM, didapatkan hasil ada 198 PDAM sehat, 108 PDAM kurang sehat dan 65 PDAM sakit. Untuk wilayah Sumatera Barat tidak ada PDAM yang kinerjanya sakit. PDAM Padang Panjang  memiliki urutan ke-12 di wilayah Sumatera Barat. 

Lebih lanjut Ir. Budi Sutjahjo, MT  menjelaskan kinerja PDAM Kota Padang Panjang mengalami penurunan dari 3,17 menjadi 2,56. Hal tersebut disebabkan karena PDAM mengalami kerugian selama 3 tahun berturut-turut, dan belum memenuhi tarif full cost recovery (FCR). Untuk memperbaiki kinerja, BPPSPAM menyarankan agar PDAM melakukan penyesuaian tarif sesuai Permendagri Nomor 70 Tahun 2016, meningkatkan jumlah pelanggan untuk meningkatkan pendapatan, meningkatan optimalisasi operasional distribusi  untuk mendukung peningkatan pendapatan serta melakukan peningkatan penggantian meter air dan meningkatkan manajemen pembacaan meter air agar dapat mengurangi tingkat kehilangan air dan meningkatkan pendapatan.

Hendri Arnis berharap BPPSPAM bersedia mendampingi PDAM Padang Panjang untuk memperbaiki kinerjanya. Selanjutnya Walikota akan mengirimkan surat permohonan pendampingan kepada BPPSPAM.
 

GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1192
mod_vvisit_counterKemarin4779
mod_vvisit_counterMinggu ini19693
mod_vvisit_counterMinggu lalu29305
mod_vvisit_counterBulan ini104752
mod_vvisit_counterBulan lalu141434
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung4003403

Pengunjung Online : 85
IP anda : 54.166.188.64
,
2017-11-24 05:34