Investasi

 



  






 

Pemerintah Permudah Investasi Air Minum di Indonesia
Berdasarkan data BPS, pada tahun 2016, capaian nasional akses air minum di Indonesia baru mencapai 71,14 persen. Masih terdapat gap 28, 36 persen lagi untuk mencapai akses aman air minum 100 persen pada tahun 2019, dimana hal ini setara dengan kebutuhan dana sebesar Rp. 230 triliun rupiah, sementara dana APBN untuk membangun infrastruktur SPAM yang tersedia hanya Rp. 33 triliun rupiah. 
Untuk mengisi backlog pendanaan pembangunan infrastruktur SPAM, pemerintah terus mendorong masyarakat dan pihak swasta untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan.  Untuk mendukung hal tersebut, Pemerintah telah mengeluarkan berbagai regulasi yang mempermudah swasta untuk berinvestasi adalam pengembangan dan pembiayaan infrastruktur melalui Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), antara lain Peraturan Presiden Nomor 38 Tahun 2015, Peraturan Menteri PPN/Bappenas Nomor 4 Tahun 2015, Peraturan Pemerintah Nomor 122 Tahun 2015 dan Peraturan Menteri PUPR Nomor 19 Tahun 2016. 
“Dengan diterbitkannya berbagai aturan dan dukungan pemerintah tersebut diharapkan partisipasi swasta untuk berinvestasi dalam pembangunan SPAM akan terus meningkat, “ujar Dirjen Cipta Karya Kementerian Perumahan Rakyat dan Pekerjaan Umum (PUPR), Ir. Sri Hartoyo, Dipl. SE dalam sambutannya pada acara pembukaan terintegrasi pameran  Indo Water, Indo Waste & Indo Renergy 2017 Expo & Forum, Indo Firex 2017 Expo & Forum, Indo Security 2017 Expo Forum dan Smart City Expo & Forum Jakarta 2017 (IISMEX) di JCC Senayan, Rabu (12/7).  Acara yang dibuka resmi oleh Kadivhumas Polri ini, dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri,  Kementerian PUPR, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian,  dan Pempov DKI Jakarta, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Basarnas, BPPSPAM, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi), APSI, dan Aspera serta para  pelaku industri air minum dari dalam negeri dan luar negeri. 
Mengingat air adalah kebutuhan dasar manusia, Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dalam Bidang Air Minum dapat dilakukan apabila BUMN/BUMD penyelenggara SPAM tidak mampu membiayai kebutuhan penyelenggaraan SPAM di dalam maupun di luar pelayanan wilayahnya dengan prinsip tertentu.  Prinsip tersebut yaitu apabila surat ijin pengambilan air  dimiliki oleh BUMN/BUMD dan penyelenggaan SPAM yang dilakukan dengan kerjasama yang mengutamakan masyarakat berpenghasilan rendah.
Selain menerbitkan peraturan peraturan, pemerintah juga menyediakan bantuan lain berupa fasilitasi pendampingan KPBU dan dukungan kelayakan KPBU serta penjaminan terhadap pelaksanaan proyek kerjasama swasta. Salah satu contoh KPBU yang sudah berhasil dilaksanakan Pemerintah adalah SPAM Umbulan di Jawa Timur. Mengingat air merupakan sumber kebutuhan pokok manusia, maka peluang investasi swasta di bidang air minum masih sangat tinggi. 
Diharapkan Indo Water 2017 Expo & Forum yang diselenggarakan oleh Napindo ini, dapat mempertemukan para pelaku bisnis dan para pembuat kebijakan industri air untuk menambah jaringannya dan mencari mitra terbaru. Pameran terpadu ini akan diikuti 670 peserta dari 35 negara dan dihadiri sebanyak 10.000 pengunjung dari perusahaan lokal dan luar negeri.
Selain Indo Water,  Napindo juga menyelanggarakan Indo Waste , Indo Renergy, Indo Firex , Indo Security dan Samrt City 2017 di tempat dan waktu yang sama.  Indo Water, Indo Waste & Indo Renergy 2017 Expo & Forum adalah forum mengenai industri air, pengelolaan limbah, dan industri energi baru serta terbarukan. Adapun, Indo Firex 2017 Expo & Forum adalah pameran yang berfokus kepada teknologi penanggulangan dan pencegahan kebakaran, manajemen bencana, kesehatan, keselamatan, dan keamanan.
Sementara itu, Indo Security 2017 Expo Forum akan menampilkan produk keamanan dan penyedia jasa keamanan. Terakhir ada Indonesia International Smart City Expo & Forum Jakarta 2017 (IISMEX) yang merupakan pameran teknologi dan produk pendukung bagi pengembangan kota.
 
 

GIS BPPSPAM

Idul Fitri 1 Syawal 1438 H

 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini4066
mod_vvisit_counterKemarin3707
mod_vvisit_counterMinggu ini25991
mod_vvisit_counterMinggu lalu30581
mod_vvisit_counterBulan ini94819
mod_vvisit_counterBulan lalu105685
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung3443202

Pengunjung Online : 60
IP anda : 54.225.26.44
,
2017-07-22 22:00