Pemenuhan Hak dan Kewajiban Untuk Kepuasan Pelanggan PDAM
Untuk melaksanakan penyelenggaraan SPAM yang berkualitas dibutuhkan pemenuhan hak dan kewajiban yang seimbang antara Pelanggan dan PDAM. Namun dalam prakteknya  pelaksanaan hak dan kewajiban yang berjalan masih timpang. Hal ini dapat dilihat di kontrak pelanggan, dimana PDAM berhak melakukan pemutusan secara sepihak sambungan air  ke pelanggan, namun apabila PDAM tidak memberikan pelayanan air kepada pelanggan, tidak ada konsekuensi yang harus dipertanggungjawabkan.
“Kami membutuhkan masukan dari para stakeholder yang hadir untuk melakukan penyusunan kriteria evaluasi pemenuhan keseimbangan hak dan kewajiban antara PDAM dan Pelanggan dalam penyelenggaraan SPAM,” kata Kepala Sekretariat  BPPSPAM, Ir. Monhilal Dipl.SE pada acara pembukaan rapat konsinyasi Evaluasi Pemenuhan Keseimbangan Hak dan Kewajiban antara PDAM dan Pelanggan pada Selasa (20/6) di Hotel Amoz Cozy, Jakarta Selatan.
 
Masukan dari para stakeholder yang hadir akan dijadikan bahan pertimbangan BPPSPAM dalam menjalankan fungsinya untuk membuat rekomendasi kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam rangka menjaga kepentingan yang seimbang antara penyelenggara dengan pelanggan sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 90 Tahun 2016. Acara yang menghadirkan narasumber dari Ombudsman RI, Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN),Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia (Perpamsi) dan Forum Pelanggan Air Minum Nasional (Forpamnas) tersebut juga dihadiri oleh Plt. Anggota BPPSPAM unsur Pelanggan, Plt. Anggota BPPSPAM unsur Pemerintah, Ir. M. Aulawi Dzin Nun, MSc dan perwakilan beberapa PDAM di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat dan Banten. 
 
Anggota BPKN, Prof.Dr. Ir Atih Surjatih MSc mengatakan bahwa dalam penyelenggaran pelayanan publik atas air konsumen mempunyai hak untuk memperoleh air minum yang cukup, aman, terjangkau secara fisik dan terjangkau secara finansial yang artinya dapat dibeli tanpa mengurangi kemampuan membeli barang pokok lainnya.Sementara itu kewajiban konsumen adalah membaca atau mengikuti prosedur pemakaian dan membayar sesuai dengan nilai tukar yang disepakati.

Sebagai penyelanggara SPAM, PDAM berkewajiban untuk menyediakan air minum yang mencukupi, aman, terjangkau secara fisik, terjangkau secara finansial melalui penerapan teknologi yang memadai dalam pengolahan air minum,pemasangan jaringan pipa sesuai standar, penyediaan meter air yang akurat dan penggantian secara rutin serta meminimalisir adanya jaringan pipa tua yang rawan kebocoran.Untuk memenuhi kewajibannya kepada pelanggan, PDAM berhak untuk mendapatkan dukungan anggaran baik APBN/APBD apabila tidak memenuhi tarif full cost recovery, tidak dibebani pajak dan membutuhkan regulasi yang mendukung. 

Koordinator Bidang Pencegahan, Ombudsman RI, Winarso mengatakan bahwa selama ini peraturan pelayanan publik sektor air di Indonesia masih ambigu karena harus mematuhi ketentuan sektor publik dan sektor privat, sehingga menimbulkan ketidakjelasan dalam implementasinya. Mengingat penyelenggara pelayanan publik adalah wakil negara, maka kedudukan antara penyelenggara dan pengguna layanan publik selalu tidak seimbang. Untuk itu dibutuhkan petugas yang dapat mengelola pengaduan dari masyarakat sekaligus sebagai wakil dari pelanggan untuk mendaparkan pelayanan yang lebih baik.

Sementara itu, Perwakilan Forpamnas, Dr. Etty Riani mengatakan bahwa sebuah PDAM sebaiknya memliki forum pelanggan yang nantinya dapat digunakan sebagai forum komunikasi untuk memberi masukan kepada PDAM untuk menentukan arah kebijakannya untuk memperbaiki sistem pelayanan. Selain itu forum pelanggan dapat dimanfaatkan untuk mensosialisasi informasi mengenai hak dan kewajiban kedua belah pihak dalam melakukan pelayanan dan menjadi mediator dalam penyelesaian antara pelanggan dan PDAM. (el/elz)
 
 

GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1192
mod_vvisit_counterKemarin4779
mod_vvisit_counterMinggu ini19693
mod_vvisit_counterMinggu lalu29305
mod_vvisit_counterBulan ini104752
mod_vvisit_counterBulan lalu141434
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung4003403

Pengunjung Online : 84
IP anda : 54.166.188.64
,
2017-11-24 05:34